Indonesia | English

Public Lecture : Radio Over Fiber Technology For Airport Security

oleh Noorfiya Umniyati,

Bandung, Oktober 2018.

Mengawali bulan Oktober, PPET LIPI melaksanakan Public Lecture pada hari Senin, tanggal 1 Oktober 2018, dengan judul "Radio Over Fiber Technology For Airport Security". Narasumber yang memberikan materi tersebut adalah Prof. Dr. Sevia M. Idrus yang merupakan Deputy Dean Development, Faculty of Electrical Engineering, University Teknologi Malaysia (UTM). Public lecture ini terbuka untuk Umum, bertempat di Gedung 10 Kampus LIPI Bandung. Acara yang dibuka oleh Kepala Bidang PDHP, untuk mewakili Kepala PPET LIPI, menghadirkan pula beberapa rangkaian diskusi mengenai Research Culture at UTM oleh Prof. Dr. Safian Shariff (Chair Reserach Alliance UTM), UTM Reserach Grant and Collaboration Oppurtunity oleh Prof. Dr. Madzlan Aziz (Director of Reserach Management Centre UTM), serta Research Consultation and Engagement with UTM Professors.

Peserta yang hadir datang dari berbagai kalangan dan instansi yaitu mahasiswa, peneliti di bidang terkait dan pejabat struktural dari UNJANI, Telkom University, PT. Telkom Indonesia, dan ITB. Pejabat struktural dari PPET LIPI yang hadir adalah Kepala Bidang PDHP, Kepala Subbidang Diseminasi dan Kerjasama, serta Koordinator Kelompok Penelitian PPET LIPI.

Kedatangan para Profesor dari UTM ini mempunyai tujuan lainnya yaitu penjajakan kerjasama antara UTM dan PPET LIPI. Diskusi antara UTM dan PPET LIPI dilanjutkan di Ruang Rapat PPET LIPI, yang dihadiri oleh Kepala PPET LIPI, Koordinator Kelompok Penelitian, Kepala PDHPA, Peneliti dan perwakilan Professor dari UTM. Diskusi ini membahas kerjasama yang akan terjalin antara UTM dan PPET LIPI dalam melaksanakan penelitian di bidang Elektronika dan Telekomunikasi. Kerjasama rencananya meliputi visiting researcher, kesempatan pendidikan di tingkat Master dan PhD secara remote supervision, penyediaan laboratorium di UTM untuk mendukung penelitian yang dilakukan oleh PPET LIPI. Dalam sambutannya, Kepala PPET LIPI berharap dapat melaksanakan kerjasama dengan UTM dengan baik dan lancar.