Indonesia | English

Kunjungan Peneliti PPET LIPI ke LENA Research Center Jerman - Kolaborasi "IG-Nano"

oleh Noorfiya Umniyati,

November, Jerman.

Sejumlah peneliti dari PPET LIPI mengunjungi the Laboratory for Emerging Nanometrology (LENA) di Braunschweig, Jerman, sampai dengan akhir bulan ini. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka menjalankan program kursus intensif the Indonesian-German Center for Nano and Quantum Technologies (IG-Nano) dalam penelitian dan pengembangan nanosensor.

Kunjungan ini bukan hanya kebetulan semata, karena di tahun 2016, the TU Braunschweig dalam hal ini LENA Research Center telah menjalin kerjasama dengan LIPI. Kedua instansi ini mendirikan "Indonesian-German Center for Nano and Quantum Technologies“ (IG-Nano) dan memberikan kesempatan kepada 9 (sembilan) mahasiswa PhD untuk menjalankan penelitian di lingkungan LENA dengan nama "OptoSense PhD Program“.

Program ini memfokuskan pada penelitian di bidang nanosensor. Pengembangan sistem sensor nano adalah salah satu strategi yang digunakan oleh LENA untuk dapat memungkinkan diproduksi secara mudah dan dapat dipergunakan oleh siapa saja dan dimana saja. Nanosensor ini misalnya dapat digunakan di bidang biomedikal dan dapat diterapkan dalam pelestarian lingkungan.

Ulasan lengkap mengenai kunjungan ini dapat dilihat di
https://magazin.tu-braunschweig.de/m-post/indonesische-wissenschaftler-am-lena-zu-gast/