Indonesia | English

Kiprah LIPI Untuk Bangsa di Usia Emas LIPI

oleh Noorfiya Umniyati,

(Jakarta, 2017). Tepat pada tanggal 23 Agustus 2017, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) genap berusia 50 tahun. Dalam rangka merayakan hari jadinya, LIPI menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti kompetisi seni dan olahraga di setiap wilayahnya, Fun Walk dan Penanaman Pohon di Cibinong Science Centre, serta menyelenggarakan acara Penghargaan Sarwono Award dan Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture (SML) sebagai gelaran puncaknya.


Tahun ini penghargaan Sarwono Award diberikan kepada
cendekiawan muslim, Prof. Dr. Azyumardi Azra, M.A., CBE. Beliau merupakan Guru Besar Sejarah dan Peradaban Islam, Fakultas Adab UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penghargaan diberikan kepada Azyumardi berkat dedikasi tinggi dan konsistensinya dalam menghasilkan hasil penelitian atau kajian terkait budaya Islam Indonesia. Selain itu, Azyumardi adalah Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode 1998 hingga 2006. Beliau pernah mendapatkan gelar the Commander of the Order of British Empire, sebuah gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris. Azyumardi juga telah banyak memperoleh penghargaan atas kontribusi yang luar biasa bagi hasil penelitian di Indonesia.

Sedangkan yang bertindak sebagai orator dalam Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture (SML) adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Prof. Dr. Bambang P. Soemantri Brodjonegoro untuk memberikan orasi ilmiah. Orasi ilmiah yang disampaikan berjudul Arah Kebijakan Pembangunan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa.